Event Upacara Panca Wali Karma

Kamis, 19 November 2009




Bali adalah salah satu propinsi di negeri ini yang masih memegang teguh adat istiadat dan agama. Tak heran jika banyak upacara-upacara keagamaan yang dilangsungkan disana. Berikut ini adalah satu upacara keagamaan yang akan dilangsungkan di Bali di bulan Maret nanti.

Upacara ini bernama Upacara Panca Wali Krama yang dipusatkan di Pura Besakih Bali, dan upacara ini diselenggarakan selama 10 tahun sekali. Siapa tahu kamu punya kesempatan melihat upacara sakral ini.

Berikut ini adalah urutan Upacara Panca Wali Krama :

Tanggal 18 Maret 2009

Hari Raya Galungan, upacara ini adalah penegakan ajaran Dharma, ajaran tentang sifat tentang kebenaran. Tiga hari sebelum acara ini, Bali akan berhias diri dengan umbul-umbul dan simbol akan Tuhan dan alam. Umbul-umbul ini baru akan berakhir dipasang tanggal 24 April 2009

Tanggal 19 Maret 2009

Upacara pendakian ke Gunung Rinjani (Lombok) dan Gunung Semeru (Jawa Timur) untuk pengambilan air suci sebagai sarana upacara di Pura Besakih, dan simbolisme sujud (permisi) pada alam sebelum upacara Panca Wali Krama diselenggarakan Pura Besakih di kaki Gunung Tolangkir (Gunung Agung).

Tanggal 21-23 maret 2009

Upacara Melasti, upacara perjalanan suci dari Pura Besakih ke Pantai Klotok Klungkung (Gua lawah). Ini merupakan simbolisme perjalanan suci untuk menyiarkan pada alam dan umat bahwa di Pura Besakih akan diselenggarakan upacara besar. Acara Melasti ini melibatkan masyarakat adat dan Hindu-Budha di Bali, dan acara ini dilaksanakan berjalan kaki sejauh kurang lebih 150 km pergi-pulang Pura Besakih-Gua Lawah-Pura Besakih.

Tanggal 25 Maret 2009

Upacara utama di Pura Besakih, yang akan dipimpin oleh pendeta Hindu dan Budha se Nusantara, biasanya juga diikuti oleh pendeta Hindu dan Budha se-dunia. Jadi bisa dibayangkan di Pura Besakih yang sedemikian luas akan penuh oleh para umat.


Tanggal 25 Maret 2009

Sore hari, juga bertepatan dengan Upacara Pengerupukan yang sehari sebelum Hari Raya Nyepi. Simbolisme menetralisme pengaruh negatif pada diri kita sehingga seimbang. Di hari ini biasanya ada parade Ogoh-ogoh, simbol sifat raksasa (negatif) dalam diri manusia. Ogoh-ogoh ini akan diarak keliling kota sebagai rangkaian seni pertunjukan.


Tanggal 26 Maret 2009

Bali akan menyumbang ZERO POLUTION ke Bumi. Di hari ini penduduk Bali tidak boleh keluar rumah, tidak boleh berisik, tidak boleh menghidupkan lampu, tidak boleh nonton tv, puasa kalau bisa, Namanya HARI RAYA NYEPI. Simbol hari perenungan dan evaluasi.

Tanggal 24 April 2009

Upacara Panca Wali Krama berakhir. Biasanya banyak sekali pertunjukan di hari ini. Mulai dari seniman lokal, nasional dan international, saling menyumbangkan bakat dan seninya di Pura Besakih. Acara di Pura besakih ini disokong oleh semua komunitas adat di Bali.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Blog Archive

Powered By Blogger

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009 | Redesign by Jasa Pembuatan Blog Mung Bisnis

Back to TOP